Cara Memilih Cooker Hood

Cooker hood atau alat penghisap asap adalah salah satu perlengkapan dapur yang berfungsi untuk menghilangkan bau serta udara kotor lainnya yang timbul akibat aktivitas masak-memasak. Hood cooker ini akan menghisap udara tidak baik dan menggantinya dengan udara bersih sehingga kondisi ruangan menjadi nyaman dan tidak pengap. Selain itu, alat ini juga bermanfaat bagi kesehatan penghuni rumah serta menjaga udara ruangan agar tetap segar.

Memilih Cooker Hood yang Sesuai
Sebelum membeli hood cooker untuk dapur anda, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan. Yang pertama adalah perlu diketahui bahwa alat penghisap ini akan dipasang tepat di atas kompor sehingga kondisi dinding serta plafon dapur anda haruslah memungkinkan. Yang kedua, hood cooker harus terpasang tidak jauh dari pasokan listrik. Dan yang ketiga adalah anda harus mempertimbangkan akses ke dinding luar apabila hood cooker yang anda pilih menggunakan penyaluran dengan pipa buangan.

Pada dasarnya, setiap peralatan rumah tangga, terutama yang ada di dapur, memiliki satu dari dua karakteristik berikut: sebagai unit peralatan yang terpisah atau freestanding unit, atau terintegrasi dengan peralatan yang lain atau integrated unit. Hood cooker merupakan peralatan dapur kategori integrated unit. Namun masing-masing jenis hood cooker memiliki tingkat visible yang berbeda-beda.

Hood cooker model fully integrated hanya terlihat ketika digunakan dan tersembunyi saat tidak dipakai karena model ini diaplikasikan menyatu sedemikian rupa dengan ruang dapur. Sementara itu, model semi-integrated justru sangat visible karena memang dirancang sebagai bagian dari dekorasi dapur yang terkadang malah dijadikan pusat perhatian atau titik fokus ruangan dapur.

Jenis-Jenis Cooker Hood
Setelah anda memahami faktor eksternal yang perlu dipertimbangkan saat memilih hood cooker, kini anda perlu mengetahui jenis atau tipe-tipenya. Hood cooker yang dijual di toko-toko peralatan rumah tangga setidaknya menawarkan 5 jenis pilihan, yaitu:
·    Chimney Style
Ukuran hood cooker tipe chimney cenderung lebih besar dan bentuknya seperti cerobong. Hood cooker chimney pada umumnya dipasang dekat dengan dinding tepi ruangan sehingga tidak terlalu menjadi titik fokus dapur.

·    Island Style
Bentuk dari hood cooker model island hampir sama seperti chimney tetapi dipasang menggantung di tengah-tengah ruang dapur. Island style memerlukan langit-langit atau plafon yang cukup tinggi serta kuat untuk menahan beban berat.

·    Visor atau Conventiona Style
Visor atau yang lebih sering disebut dengan conventional cooker hood dipasang menancap langsung ke dinding luar. Sesuai namanya, jenis alat penghisap udara kotor ini sudah jarang ditemukan di rumah-rumah terutama yang ukurannya di atas standar lebar 60 cm.

·    Fully Integrated Style
Fully integrated cooker hood sengaja dirancang untuk dipasang menyatu dengan kitchen set atau kitchen cabinet dan tersembunyi di pintu kabinet atau di belakang panel. Hood cooker model ini akan terlihat hanya ketika sedang dipakai.

·    Canopy (Semi-Integrated) Style
Hood cooker model ini juga dipasang menyatu dengan bagian bawah kitchen set atau kitchen cabinet yang letaknya tepat di atas kompor. Bedanya dengan fully integrated cooker hood adalah canopy style tidak disembunyikan ketika tidak sedang dipakai, melainkan dibiarkan terlihat dan menjadi bagian dari dekorasi dapur.

Selain mengetahui jenis-jenisnya, anda juga bisa memilih jenis sitem pembuangan hood cooker yang anda inginkan. Sistem pembuangan ekstraksi menyaring udara kotor dan mengeluarkannya ke luar ruangan melalui ventilasi, sedangkan sistem pembuangan resirkulasi menghisap udara kotor dan partikel lemak, kemudian diproses hingga menjadi udara bersih yang bisa dikeluarkan kembali.

Pada intinya, memilih hood cooker perlu mempertimbangkan faktor eksternal seperti kondisi ruangan dapur anda serta faktor internal yaitu tipe hood cooker seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.