memilih ac hemat listrik

Mau Pakai AC Tanpa Boros Listrik ? Yuk Simak Caranya

Saat ingin pasang AC di ruanga, satu  hal yang jadi pertimbangan adalah biaya listriknya. AC merupakan barang eletronik yang cukup menghabiskan energi listrik. Tapi mau bagaimana lagi, pada saat cuaca terik seperti ini menggunakan kipas angin saja tidaklah cukup. Agar hari-hari Anda terasa nyaman di ruangan tanpa beban tunggakan biaya listrik, berikut cara yang wajib Anda tahu dan praktikkan untuk menghemat biaya listrik bulanan Anda.

Pilih AC sesuai dengan kebutuhan

Berlebihan tidak selamanya baik. Anda tidak perlu membeli AC berkapasitas besar jika ruangan Anda sempit. Membeli AC haruslah disesuaikan dengan ukuran, temperatur, banyaknya jendela, arah AC menghadap, dan lain sebagainya. Jika Anda memilih AC berukuran besar dengan tenaga super maka AC dalam ruangan akan bekerja ekstra keras, boros dan Anda pun tidak nyaman berada di dalamnya.

Pahami Unit AC yang Anda beli

Jika memilih AC sentral, nomor seasonal energy efficiency ratio harusnya 13 atau lebih. Jika tinggal di iklim tropis, nomor SIER 14 adalah yang paling tepat. Untuk AC kamar, carilah energy efficiency ratio yang memiliki nilai 11 atau lebih. AC yang memiliki nilai efisiensi tinggi pastinya harganya akan lebih mahal akan tetapi baik untuk jangka panjang dan akan membayar listriknya sendiri tanpa harus membuat tagihan listrik bulanan membengkak.

Rawatlah AC dengan seksama

Lakukan perawatan AC dengan cara mengganti atau membersihkan filter, mencuci baik bagian indoor maupun outdoor maksimal tiga bulan sekali. Jika lebih dari itu, AC yang tidak terawat pastilah akan lebih cepat rusak.

Mengganti AC yang tidak sesuai dengan standar

Diantara sekian banyak barang elektronik, AC terbukti menghabiskan biaya listrik cukup banyak. Jika SEER AC dirumah Anda adalah kurang dari 8, maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggantinya sebab nomor SEER ini sangat boros listrik. Anda bisa menggantinya dengan AC ber-SEER 13-14 untuk iklim tropis yang lebih hemat energi dan pastinya biaya pembelian AC baru akan terganti beberapa waktu ke depan melalui minimnya biaya listrik bulanan.

Setting Suhu sesuai kebutuhan

Jika Anda sedang tidak berada di dalam ruangan, akan lebih baik untuk mematikan AC agar lebih hemat energi. Set thermostat pada posisi auto sehingga AC akan lebih mudah menyesuaikan dengan kondisi ruangan. Bisa juga set thermostat pada 25 derajat atau 29 derajat untuk mengurangi pemborosan.

Posisi Condensor AC yang tepat

Letakkan condensor atau outdoor AC pada tempat yang teduh dan terbuka agar outdoor berkesempatan untuk membuang panas dari condensor ini. Usahakan untuk tidak mengerumuni condensor dengan semak-semak hiasan atau barang-barang lain yang menghambat keluarnya panas.

Menanam Pohon disekitar Rumah

AC ada karena ruangan terasa panas. Ruangan panas karena tidak adanya pepohonan hijau sebagai peneduh dan penyejuk hunian. Untuk itu, tanamlah pohon di sekitar rumah sebab ini akan menghemat  biaya AC hingga 30 %.

Tutup tirai atau gorden

Agar tidak terkena sinar matahari secara langsung yang menyebabkan hawa ruangan menjadi panas, maka Anda harus menutup tirai atau gorden tepatnya pada bagian yang terkena matahari secara langsung.

Menutup ventilasi udara

Agar tidak boros AC, maka pastikan ventilasi dalam ruangan yang Anda huni tertutup rapat. Jika tidak maka akan menghabiskan cukup banyak daya AC tetapi ruangan tidak dingin maksimal.

Warnai rumah Anda dengan warna cerah

Jika Anda membeli atau membangun rumah, maka warnai ruangan dengan warna yang cerah sebab warna gelap akan menyerap panas sehingga ruangan akan menjadi lebih panas dan AC akan terus menyala.