tips menggunakan ac low watt

Tips Menggunakan AC (Air Conditioner) Hemat listrik

AC hemat listrik tentunya menjadi keinginan hampir semua orang yang menggunakan salah satu alat elektronik penyejuk udara tersebut. AC sendiri merupakan singkatan dari bahasa inggris air conditioner yang artinya adalah mesin atau sistem yang sengaja dirancang untuk menstabikan kelembapan sebuah ruangan dan menstabilkan suhu udara di ruangan tersebut. Sebutan lain dari alat elektronik ini diantaranya adalah pendingin ruangan, penyejuk udara, erkon dan penyaman udara.

Pada umumnya AC ini digunakan di ruangan seperti kantor, ruang tamu, kamar, hotel, mobil, bus dan masih banyak area lainnya. AC ini membutuhkan daya listrik yang cukup banyak, sehingga beberapa penggunanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar listrik setiap bulannya terutama jika AC ini hanya digunakan di rumah. Meskipun begitu Anda tetap dapat menggunakan AC tanpa perlu khawatir tagihan listrik Anda akan membengkak, yakni dengan menggunakan beberapa tips di bawah ini.

Tips Menggunakan AC Hemat Listrik

Kali ini kami akan memberikan tips bagaimana menggunakan AC secara efektif dan tidak boros listrik atau AC hemat listrik. Selain dapat menghemat penggunaan listrik, menggunakan AC secara tepat juga dapat memperpanjang usia dari pemakaian AC tersebut atau kata lainnya AC Anda akan menjadi lebih tahan lama. Nah, berikut beberapa tips yang dapat Anda praktikkan dan buktikan sendiri :

Memastikan PK AC Mencukupi Kebutuhan Area / Ruangan

Pastikan sebelum memasang AC di sebuah ruangan Anda sudah menghitung terlebih dahulu kebutuhan AC ruangan tersebut. Jangan sampai kompresor AC yang Anda gunakan harus bekerja secara maksimal hanya untuk mendinginkan ruangan. Perhitungan ini mungkin hal yang sepele dalam pengunaan AC, namun perhitungan ini menjadi hal yang cukup penting jika Anda menginginkan pemakaian yang hemat listrik dan AC menjadi lebih awet atau tahan lama. Jika Anda tidak mengetahui cara menghitungnya, Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasang AC pada ruangan tersebut.

Jangan Mengatur Remote Hingga Suhu 160 dengan Fan Speed Mencapai Maksimum

Pengaturan suhu hingga 160 dengan Fan Speed maksimal menjadi kesalahan terbesar yang sering dilakukan dalam penggunaan AC. Pastikan Anda mengetahui bahwa AC merupakan Air Conditioner bukan Air Cooler. Sehingga baiknya gunakan suhu remote AC 24 saja dengan Fan Speed satu atau dua, penggunaan tersebut suduh lebih dari cukup untuk merasakan dingin di dalam suatu ruangan.

Menggunakan AC Secara Bijaksana

Menggunakan AC secara bijaksana menjadi salah satu cara penggunaan AC hemat listrik. Bijaksana yang dimaksudkan disini adalah menggunakan AC sesuai kebutuhan, jangan terlalu ketergantungan dalam penggunaan AC.

Jangan Langsung Menyalakan AC Yang Baru Saja Dimatikan

Jika AC baru saja dimatikan karena tidak sengaja menekan tombol off atau mati karena listrik padam, maka hindari untuk langsung menyalakan kembali AC tersebut. Berikan jeda setidaknya 2 menit untuk menghidupkannya kembali. Biarkan gas freon dan oli kompressor beristirahat terlebih dahulu, sehingga umur kompressor AC dapat lebih panjang atau tahan lama.

Demikianlah beberapa informasi mengenai AC (Air Conditioner) beserta tips tepat dalam menggunakannya agar tetap hemat listrik dan memperpanjang masa hidup dari AC itu sendiri. Semoga informasi AC hemat listrik di atas dapat bermanfaat bagi Anda, terutama yang sedang ingin memasang alat elektronik ini di dalam hunian pribadi Anda. Selamat mencoba tips di atas, semoga berhasil.